Demi Pelayanan Masyarakat, Bapppeda Lakukan Survei Ini...

Pemerintah Kota Madiun berkomitmen untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Evaluasi dipandang penting untuk dilakukan terhadap layanan-layanan yang telah diberikan. Salah satunya dengan melakukan survei kepada masyarakat. Pada Kamis (28/3) Bapppeda menggelar seminar akhir dua survei sekaligus, yakni Survei Indeks Kebahagiaan Masyarakat Kota Madiun dan Survei Kepuasan Orangtua terhadap Pelaksanaan Pendidikan Dasar Pada Sekolah Negeri di Kota Madiun Tahun 2024 dengan menghadirkan pihak Republik Survei Indonesia.

Hasil survei membuktikan bahwa layanan pendidikan pada tingkat Sekolah Dasar di Kota Madiun masuk dalam kategori memuaskan jika dibandingkan dengan harapan. Hal ini dapat dilihat bahwa tingkat kepuasan orang tua terhadap kenyataan layanan 3,78, sedangkan tingkat harapan orang tua terhadap layanan 4,53. Karena sudah mencapai pada tingkat kenyataan memuaskan, sekolah harus menjaga setiap layanan yang sudah baik dan meningkatkan aspek yang masih kurang dan mengoptimalkan harapan- harapan orang tua.

Sedangkan dari hasil Survei Kebahagiaan, Indeks Kebahagiaan Masyarakat Kota Madiun masuk kategori cukup tinggi. Nilai Indeks Kebahagiaan dipengaruhi oleh tiga dimensi penyusunnya; Dimensi Kepuasan, Dimensi Perasaan, dan Dimensi Makna Hidup.

Harapannya, hasil survei ini dapat menjadi evaluasi dan acuan untuk meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat. Sehingga pembangunan Kota Madiun tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik sarana dan prasarana saja namun juga pada kualitas hidup masyarakat. (*litbang)

Galeri Berita