Jalankan Fungsi sebagai Sekretariat Forum SDI, Bapppeda Susun Rencana Kegiatan Tahun 2024

Satu Data Indonesia (SDI) merupakan upaya untuk mewujudkan keseragaman data, menyediakan data yang kredibel, akuntabel, dan mutakhir dengan jalan membangun database pemerintah yang dapat digunakan sebagai acuan dalam setiap pengambilan kebijakan dan implementasinya. Hal tersebut merupakan mandat Presiden yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019. Namun, dalam pelaksanaannya masih dijumpai banyak tantangan dalam perencanaan, pengumpulan, pemeriksaan, dan penyebarluasan data.

Rabu 20 Maret 2024 Bapppeda selaku sekretariat Forum SDI Kota Madiun mengundang BPS Kota Madiun selaku Pembina Data, serta Dinas Komunikasi & Informatika selaku Walidata duduk bersama dalam penyusunan rencana kegiatan Satu Data Indonesia (SDI) tahun 2024.

Adapun Fokus di 2024 yaitu pembinaan kelurahan cinta statistik, penajaman dan monitoring evaluasi penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) Kota Madiun serta penentuan data prioritas Tahun 2024. Kolaborasi dan sinergi 3 pilar ini diharapkan mampu mengoptimalkan penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) Kota Madiun dengan baik. (*litbang)

Galeri Berita