FIFO…SALAH SATU HAL TERPENTING DALAM USAHA KULINER

Kisah sukses para pelaku usaha kuliner terus didatangkan untuk memberikan materi dalam Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lapak UMKM Kelurahan kerjasama CSR PT. INKA (Persero) dan Yayasan Bambu Nusantara pada Senin (15/7) di Graha Krida Praja.

 

Kali ini giliran Lusia Evi owner Nutri Health Kota Madiun. Perempuan ahli gizi ini menuturkan dia memulai bisnis catering semenjak 2010 yang lalu. Yang awalnya memulai dengan karyawan 15 kini telah berkembang menjadi 120 orang. Sekarang catering ini telah melayani 8 rumah sakit dan juga 2 puskesmas, namun selain itu juga melayani makan-minum rapat di OPD.

 

Evi juga menerangkan bagaimana melakukan langkah-langkah sebelum produksi, yakni menentukan spesifikasi produk, penyimpanan bahan dengan sistem yang dating duluan harus keluar duluan (first in first out), persiapan bahan makanan, pengolahan, kemasan serta distribusi. Yang takkalah penting adalah juga memperhatikan standar kesehatan sehingga produk kita terjamin mutu gizi dan higienisnya.

 

Sementara itu, Bank Jatim sebagai salah satu narasumber memaparkan tentang Manajemen Keuangan UMKM, Purnama Dwi dan Devi Isna menjelaskan arti penting manajemen keuangan dalam dunia UMKM, bagaimana melakukan perencanaan, alokasi dana, pengendalian dan evaluasi keuangan yang baik, maka usaha yang dilakukan akan berjalan ideal. (*ppm)

Galeri Berita

Jumlah Pembaca : 40 Orang