LAPAK HARUS BISA MENYUSUN ANALISA SWOT
BAPPPEDA - Pelatihan Lapak UMKM Kelurahan terus dilakukan, kali ini dengan materi Penyusunan Proposal Kerjasama pada Rabu (19/6) di Graha Krida Praja.
Dengan pemateri Wisanggeni Ketua DPD Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) Kota Madiun menyampaikan tentang pentingnya kemampuan lapak dalam menyusun analisa SWOT : strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Para pengelola lapak dan pelapak harus mampu mengetahui dan memetakan faktor internal (S dan W) serta faktor eksternal (O dan T). Dengan mengetahui dua faktor tersebut dapat diketahui permasalahan yang ada dan solusi yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah.
Selanjutnya dengan kematangan analisa SWOT yang ada serta rekomendasi yang sudah tersusun, kemudian lapak harus mampu untuk menyusun proposal kerjasama dengan pihak lain untuk menjamin keberlangsungan usaha lapak sebagai wujud marketing lapak. (*ppm)