Udheng Ndoro Patih…Kreasi Kearifan Lokal

Udeng adalah ikat kepala yang terbuat dari kain. Hampir semua wilayah di Jawa memiliki udeng atau iket. Bentuknya beraneka ragam, tergantung dari mana udeng itu berasal.

Sebagai bentuk penganekaragaman produk yang dijual di lapak UMKM kelurahan, Budi Santosa selaku pengelola Lapak Kutho Miring Demangan mencoba mengkreasi udheng. Udheng yang digagasnya adalah Udheng Ndoro Patih yang meramaikan lapak Kelurahan Demangan Kecamatan Taman.

Semua bahan yang digunakan adalah bahan lokal, batik yang digunakan, penjahit dan lainnya diproduksi oleh potensi lokal Kota Madiun. Saat dikonfirmasi, Budi menjelaskan bahwa tujuan dikreasikannya udheng ini adalah melestarikan budaya leluhur serta mengangkat kearifan lokal masyarakat. Juga sebagai variasi busana dari batik Kota Madiun yang bermotif pendekar dan pecel.

Sejalan dengan itu, dia berharap bahwa dengan adanya udheng ini dapat mengangkat potensi produk UMKM Kota Madiun dan lebih lanjut diharapkan potensi lokal ini menjadi cinderamata khas Kota Madiun yang maju mendunia.

Galeri Berita